Satu Cara Update-Upgrade Ubuntu 10.04

Ada perbedaan penggunaan kata update dan upgrade pada Ubuntu. Kurang lebih perbedaan yang saya ketahui seperti berikut ini.

Kata update digunakan untuk ‘mengupdate’ daftar dependency, repository atau aplikasi baru; yang sudah terinstall di komputer user. Sedangkan upgrade digunakan untuk mengganti dependency, repository atau aplikasi lama dengan versi terbaru. Biasanya kata ‘upgrade’ digunakan di terminal untuk menginstall semua daftar ‘update’. Bingung nggak ya :?: Hehe, semoga tidak deh..

Cara Update
Ada beberapa cara untuk update repository Ubuntu yang bisa dilakukan saat komputer tersambung internet.

  • System->Administration->Synaptic pilih Reload [ctrl R]
  • System->Administration->Update Manager pilih check
  • Applications->Accesories->Terminal kemudian tuliskan sudo apt-get update.

Untuk melihat daftarnya saya biasa menggunakan Update Manager, namun tidak menginstall semua yang tertera di daftar update repository, hanya sebagian yang saya rasa butuh diupdate. Contohnya yaitu browser; sedangkan aplikasi yang tidak digunakan atau dihapus tidak saya perbarui, aplikasi yang saya hapus salah satunya yaitu evolution.

Cara Upgrade

  • Synaptic pilih di sisi kiri Custom Filters->Upgradable pilih sisi kanan yang akan didownload.
  • Update Manager pilih yang akan diupgrade (sebelumnya bisa dipilih klik kanan mouse lalu uncheck/check all) kemudian klik Install Updates.
  • Terminal, bila semua hasil update akan diupgrade/install tuliskan sudo apt-get upgrade.
    atau jika hanya ingin beberapa aplikasi yang diupgrade/install maka tambahkan nama paket. Contoh untuk chromium browser: apt-get upgrade chromium-browser atau bisa apt-get install chromium-browser.

Pilihan Utama
Bingung menentukan sub judul, saya tulis begitu saja ;). Pengaturan update Ubuntu yang saya gunakan seperti di bawah ini, mungkin menggunakan screenshot saja agar lebih jelas.

Software Sources-1 Software Sources 2 Software Sources-3

Update 22 Maret 2011
Membingungkan? Oke beginilah yang biasa saya lakukan.

  • Pengaturan Software Sources seperti pada gambar di atas. Untuk Ubuntu 10.10 ada di System->Administration->Update Manager->Setting.
  • Saya lakukan cek update lewat terminal
sudo apt-get update
  • Kemudian saya periksa di Update Manager, apakah ada yang baru? Dalam Update Manager, terlebih dahulu klik kanan dengan mouse dan pilih Uncheck All (Ubuntu 10.04) agar tidak semuanya terinstall. Jika ada update aplikasi terbaru dan ingin menginstallnya (misalkan chromium-browser) maka saya hanya akan memberi tanda pada chromium-browser kemudian klik install.

  • Cara lain selain di atas, Setelah memeriksa di Update Manager saya upgrade/install chromium-browser melalui terminal dengan menuliskan
sudo apt-get install chromium-browser
  • Begitulah kira-kira langkah yang ditempuh.

Jika ada kesalahan mohon koreksinya, semoga bermanfaat..

4 responses to “Satu Cara Update-Upgrade Ubuntu 10.04

  1. makasih nih ya cara upgrade ubuntu nya
    hehehheheh :)
    salam kenal ya :D
    selamat menunaikan ibadah puasa :)

  2. mau tanya nih…
    gmana cra untuk install conky….?