Windows Explorer di Ubuntu bernama Nautilus

Nautilus adalah nama program jendela untuk melihat, memeriksa (explore) file, folder, direktori di Ubuntu. Jika di OS Windows namanya apa ya ❓ lebih banyak dikenal dengan windows explorer. Pengguna Ubuntu harus tahu nama file manager ini karena akan mempermudah pekerjaan, terutama jika masuk ke root/administrator. Pemula seperti saya masih pusing menggunakan command line di terminal untuk mengeksekusi suatu file. Maka saya lebih suka menggunakan nautilus, lebih mudah dan tidak repot. Nautilus sudah tertanam di paket cd Ubuntu 9.10.

Screenshot-- - File Browser

Kira-kira para wanita sering bermain dengan Ubuntu nggak ya? Sebenarnya OS ini benar-benar uapik tenan jos gandos, memberikan kemudahan dan keamanan pengguna. Apalagi jika bisa koneksi internet, mencari program yang kita inginkan tinggal lihat di Ubuntu Software Center (USC) dan install. Jangan takut mbak menggunakan Ubuntu, nanti saya bantu (kalau bisa :D).

Muter dulu ya, pada Ubuntu pengguna bisa dikatakan terbagi menjadi 3 (analogi saya lho). Yaitu Super User (su) a.k.a administrator a.k.a admin a.k.a root, Master, dan Star.. hehehe seperti tingkatan forum online saja. Secara default Ubuntu akan mengarahkan pengguna sebagai Master. Kita bisa bebas mengatur file yang ada di komputer kita, kecuali mengotak-atik file di file system. Agar kita bisa mengotak-atik file system harus masuk menjadi Super User, atau kalau di linux dinamakan root.

Cara masuk menjadi Super User dengan membuka konsole/terminal, tempatnya di applications->accesories->terminal atau tekan tombol [ctrl + alt + t] . Tuliskan sudo su lalu enter. Konfirmasi password dan kita sudah menjadi admin alias Super User alias root. Disinilah kita bebas mengotak-atik file system Ubuntu.

Agar tidak dipusingkan dengan command line (perintah dengan teks) maka user bisa menggunakan nautilus. Setelah masuk sebagai root, ketikkan nautilus pada terminal lalu enter. Kita bisa mengedit file-file di file system, kalau di OS Windows seperti Program Files dan Windows di drive C.

Intinya jika ingin mengotak-atik file system di Ubuntu harus login sebagai Super User. Login Super User melalui commandline/terminal. Jika masih bingung menggunakan command line untuk otak-atik file system, bisa menggunakan  explorer/file manager nautilus dengan menuliskan perintah nautilus di terminal.:cool:

2 respons untuk ‘Windows Explorer di Ubuntu bernama Nautilus

Komentar ditutup.