Menambah New Panel Ubuntu hingga Hang

Ahad 20 Maret 2011 saya iseng menambah Gnome Panel pada Ubuntu saya. Entah berapa kali saya klik kanan mouse->new panel (mungkin 5 kali) hingga fan processor terdengar kencang, makin lama makin kencang dan akhirnya komputer hang! Hanya bisa menggerakkan mouse tanpa bisa eksekusi. Menu bar tak kelihatan karena tertutup panel, jadi tidak bisa melakukan apapun. Ingin masuk terminal dengan [ctrl+alt+] juga tidak bisa, tekan [ctrl+alt+del] juga tidak bisa. Akhirnya saya matikan komputer dengan menekan tombol power. Hal ini terpaksa dilakukan karena suara kipas semakin keras (putarannya tambah cepat kali) yang membuat takut jika processor saya jebol.

Googling cara mengembalikan ke settingan semula ternyata tidak membuahkan hasil, sedangkan fungsi recovery Ubuntu saya bermasalah (komputer saya menggunakan VGA Sis) dengan flicker di layar. Mungkin flicker ini bisa saja diperbaiki namun saya agak malas otak-atik lagi.

Saya mencoba menghindari install ulang, karena bisa dipastikan kerusakan hanya di konfigurasi lokal (akun saya). Ubuntu saya memiliki dua akun yakni akun saya pribadi dan akun tamu. Saat saya login Ubuntu dengan akun tamu ternyata tak mengalami problem. Meskipun dengan install ulang semua masalah selesai tapi bukan hal yang bagus untuk belajar memecahkan masalah. Setelah beberapa kali restart dan mematikan komputer dengan paksa akhirnya saya menemukan solusinya.

Jika bisa masuk ke terminal atau Configuration Editor masalah langsung selesai. Tapi hal itu tidak bisa kan? Maka gunakan akun lain atau Ubuntu Live CD, atau Ubuntu Live FD (flash disk) untuk masuk mengembalikan panel.

Saya menghapus file dan folder di bawah ini:

  • /ovan/.gconf/apps/panel/general/%gconf.xml
  • /ovan/.gconf/apps/panel/toplevels/bottom_panel_screen1
  • /ovan/.gconf/apps/panel/toplevels/top_panel_screen1

nomor 2 dan 3 defaultnya adalah bottom_panel_screen0 dan top_panel_screen0. Di komputer saya terdapat kelebihan 3 folder, jadi di situ terdapat bottom_panel_screen1, top_panel_screen1, bottom_panel_screen2, top_panel_screen2 dan bottom_panel_screen3, top_panel_screen3. Semuanya dihapus dan hanya menyisakan 2 folder dengan angka belakang 0 (nol).

Saya menghapus dengan menggunakan Ubuntu Live CD, folder .gconf merupakan hidden folder yang untuk melihatnya dengan [ctrl + h].

Setelah semua proses tersebut, login Ubuntu seperti biasa dan  Gnome Panel sudah kembali ke sedia kala :D.