Membuat Linux Live USB Flashdisk dengan UNetbootin

Selain menggunakan Startup Disk Creator, pembuatan Live USB drive juga bisa dilakukan dengan UNetbootin. Tool ini bisa didapatkan dengan download melalui Ubuntu Software Center, terminal maupun Synaptic. Tapi saya memilih download langsung dari situsnya dengan besar file sekitar 4,1 MB.

Agak berbeda dengan Startup Disk Creator, UNetbootin memiliki pilihan pembuatan Live USB langsung diambil dari situs distro Linux (jika tersambung dengan internet kecepatan tinggi). Terdapat beberapa pilihan distro (distribusi) Linux, dari Centos sampai Zenwalk. Semakin tinggi versi UNetbootin semakin lengkap pula pilihan distro Linux.


Untuk postingan ini saya menggunakan UNetbootin linux 494 (saat tulisan ini publish sudah versi 549). Eksekusinya tinggal klik dua kali dan masukkan password root.

Pada komputer saya, flashdisk terdeteksi sebagai /dev/sdc. Setahu saya Ubuntu mendeteksi harddisk sebagai /dev/sda, sedangkan media storage lain sebagai /dev/sdb atau /dev/sdc.

Install distro Linux di flashdisk dengan UNetbootin membutuhkan waktu sekitar 15 menit (yang saya praktekkan), tapi semua tergantung dengan besarnya file distro Linux.


Ada perbedaan tampilan booting via USB (antara UNetbootin dengan Startup Disk Creator). Pada UNetbootin terdapat beberapa pilihan menjalankan secara default, live CD, dan install CD. Sedangkan hasil dari Startup Disk Creator terdapat pilihan seperti menggunakan CD/DVD Linux.

UNetbootin tersedia untuk versi Mac OS X, Linux dan Windows. Keterangan lebih detail serta download versi terbaru silahkan kunjungi situs UNetbootin.