Mengubah Default Boot GRUB Dual OS

Bingung membuat judul, langsung studi kasus saja. Komputer saya asalnya memiliki 2 Operating System, yang pertama Ubuntu 10.04 dan kedua Windows XP. Kemudian saya menambah satu distro lagi, misalnya saja BlankOn Sajadah 7.0 Pattimura (basis Ubuntu 11.04). Otomatis secara default GRUB nya berasal dari distro paling akhir yang diinstall, demikian juga urutan (list) distro OS GRUB berubah.

Urutannya menjadi;
1. Sajadah 7.0
2. Sajadah 7.0 (recovery mode)
3. Memtest
4. Memtest (serial console)
5. Windows XP
6. Ubuntu 10.04
7. Ubuntu 10.04 (recovery mode)

Jika dibiarkan selama 10 detik (GRUB Timeout default), maka otomatis akan masuk Sajadah 7.0. Nah, saya tetap ingin Ubuntu 10.04 sebagai default boot.. agar sekali tekan On power langsung ke Ubuntu 10.04 tanpa memindah kursor dari Sajadah ke Ubuntu 10.04. Saya baru menemukan caranya setengah hari :). Cara ini sesuai dengan ketentuan, maksudnya adalah tidak melanggar statement GRUB seperti tutorial lain yang tersebar di internet.

Yang perlu diubah adalah /etc/default/grub bukan /boot/grub/grub.cfg, karena pada grub.cfg tertulis “DO NOT EDIT THIS FILE”. Taatilah peraturan agar hati tenang. 😛

Untuk melakukan ini masuk ke Sajadah 7.0 dan gunakan terminal,

sudo gedit /etc/default/grub


Dari daftar di atas Ubuntu 10.04 ada di urutan 6. Ganti “0” pada set default=”0″ menjadi “6”. Jika ingin mengubah GRUB Timeout yang biasanya 10 detik menjadi 100 detik juga pada file ini.

Kembali ke terminal dan perintahkan

sudo update-grub

Next booting, urutan distro OS tetap seperti di atas. Perbedaannya adalah highlight kursor tertuju pada Ubuntu 10.04. Seperti biasa timeout 10 detik atau tinggal tekan enter, dan masuklah ke Ubuntu 10.04.

Sebelumnya saya sudah mengganti tampilan GRUB di Ubuntu 10.04. Karena install distro lagi, otomatis GRUB juga baru mengikuti distro paling akhir diinstall. Maka background GRUB di 10.04 hilang dan terpaksa mengubah lagi pada GRUB distro yang baru saya install (Sajadah 7.0).

4 respons untuk ‘Mengubah Default Boot GRUB Dual OS

  1. MoveOne-Ubuntu berkata:

    wah,, hati saya menjadi tenang dengan adanya penjelasan dari agan 😀

    thanks before gan.. newbie gan 😀

Komentar ditutup.