Install Gnome Klasik dan Gnome Shell di Ubuntu 11.10

Bagi pecinta Gnome klasik seperti saya 😛 salah satu langkah pertama setelah instalasi Ubuntu 11.10 adalah menginstall Gnome Classic. Ubuntu 11.10 secara default menggunakan Unity (sebuah plugin Compiz) pada tampilannya. Saya memang tidak suka dengan tampilan Unity, apalagi hardware komputer tidak mendukung Unity, hanya bisa menggunakan Unity 2D dengan window manager Metacity nya.

Instalasi lewat terminal

Gnome 3 Classic

sudo apt-get install gnome-panel

Gnome sebenarnya menggunakan Gnome shell sebagai interface utama (bingung nggak? Jika bingung sama seperti saya) yang digunakan pada distro non-Ubuntu. Sama seperti Unity komputer harus memiliki spesifikasi yang tinggi untuk menjalankannya, minimal tidak menggunakan VGA Sis. Cara menginstall pada Ubuntu 11.10 adalah,

Gnome Shell

sudo apt-get install gnome-shell

Kemudian logout dan klik ikon roda gigi untuk memilih.

Untuk tampilan Ubuntu Classic (Gnome 3 Classic) tidak semua aplikasi terintegrasi pada panel applet, seperti saat saya memutar Rhythmbox Music Player. Untuk menggeser (move) applet juga tidak sefleksibel Gnome 2.,, kaku banget. Dan cara menambahkan atau menggeser panel applet dengan klik kanan mouse + Alt.

Lebih baik menunggu Ubuntu 12.04 LTS daripada menggunakan Ubuntu 11.10, Ubuntu versi xx.10 terkenal selalu tanggung,,

Iklan