Menampilkan Startup Applications di Ubuntu 11.10

Selama saya mengenal Ubuntu, versi dengan code belakang xx.10 begitu menyebalkan (pendapat obyektif) entah itu disengaja atau memang bug. Beberapa hal yang membuat jengkel juga muncul di Ubuntu 11.10, dari dihapusnya Gnome dan supportnya, serta pengaturan sistem yang tidak didukung GUI.. benar-benar berbeda dari versi 10.04 sampai 11.04 . Salah satu yang saya sampaikan di bawah ini adalah kosongnya Startup Applications saat pertama kali install Ubuntu 11.10. Bug, kesengajaaan atau saya sendiri yang mengalami?

Entahlah saya kurang tahu apakah disengaja agar user tidak perlu mengatur startup atau hanya ahli saja yang diizinkan mengatur startup. Keluarnya popup Update Manager setiap menyalakan komputer membuat saya jengkel, padahal saya tidak menginginkan update secara otomatis.

Ternyata, untuk melihat daftar Startup Applications secara CLI adalah dengan mengetikkan:

cd /etc/xdg/autostart
ls

Akan terlihat seperti screenshot di bawah ini,


Susah juga jika harus menggunakan CLI terus, apalagi jika tidak tahu persis mana yang perlu dinon-aktifkan. Agar nampak pada mode GUI saya coba-coba saja dengan menuliskan perintah (setelah masuk ke /etc/xdg/autostart) :

sudo sed --in-place 's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' *.desktop

Perintah tersebut sebenarnya untuk mengaktifkan (enable) semua aplikasi saat startup, tapi ternyata Startup Applications tidak kosong melompong lagi :P. Nah selanjutnya tinggal diedit, mana yang menjadi prioritas kita. Jika menggunakan Gnome 3 letaknya di Applications->Other->Startup Applications.

Balik ke bahasan CLI di atas, jika kita ingin mengaktifkan satu aplikasi, maka ganti dengan tanda [*] dengan nama aplikasi. Sebagai contoh di screenshot di atas, saya ingin menon-aktifkan Ubuntu One. Maka tuliskan perintah;

sudo sed --in-place 's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' ubuntuone-launch.desktop

CMIIW

referensi:
shuffleos