Cara Shutdown Otomatis di Ubuntu

Ada beberapa cara untuk mematikan (shutdown) otomatis komputer yang berjalan di distro berbasis Ubuntu. Maksud shutdown otomatis di sini adalah seperti timer di televisi yang bisa mengatur jam berapa televisi akan mati. Memang ada fasilitas power-screensaver di Ubuntu tapi masih ada kekurangan. Kekurangan itulah yang coba ditambal oleh aplikasi-aplikasi shutdown otomatis.

1. Perintah Shutdown dengan Terminal
Sebelum aplikasi shutdown otomatis, berikut ini perintah shutdown yang bisa dilakukan di terminal. Penggunaan perintah di terminal sebenarnya efektif karena tidak perlu menginstall aplikasi lagi, tapi beberapa orang malas menggunakan CLI.

sudo shutdown -h +60
sudo shutdown -h 21:00

Dua pilihan perintah di terminal yaitu dengan option -h (halt) dan -p (poweroff). Pilih salah satu saja karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

sudo shutdown -p +60
sudo shutdown -p 21:00

+60: akan mematikan komputer 60 menit lagi.
21.00: akan mematikan komputer pada pukul 21.00.

2. Aplikasi Shutdown GTimer
Aplikasi ini sudah ada di USC, silahkan dicari saja. Atau bisa juga menggunakan perintah di terminal;

sudo apt-get install shutdown-gtimer

Beberapa pilihan yang tersedia; apakah akan hibernate, suspend, logoff, restart, shutdown, atau memberi perintah dan menampilkan pesan sebelum shutdown/restart/logoff. Silahkan coba sendiri untuk lebih jelas. Untuk Ubuntu 11.10 letaknya ada di System Tools.

3. Aplikasi Qshutdown
Aplikasi dibuat dengan bahasa Qt yang sederhana dan mudah digunakan. Untuk menginstallnya tuliskan perintah ini di terminal;

sudo add-apt-repository ppa:hakaishi/qshutdown
sudo apt-get update
sudo apt-get install qshutdown

Pada Ubuntu 11.10 aplikasi ini terletak di accesories. Qshutdown berbasis tool shutdown. Manual penggunaan qshutdown dapat dibaca pada tool aplikasi Help->Info.

4. Gshutdown
Aplikasi ini juga sudah tersedia pada repo Ubuntu, user tinggal mencari USC atau perintah:

sudo apt-get install gshutdown

Aplikasi berlisensi GPL v2 ini termasuk yang sederhana dan mudah digunakan. Tool Preference juga disematkan dalam aplikasi ini untuk memberi pilihan bagi user.

Ketiga aplikasi GUI di atas akan muncul di applet panel saat diaktifkan. Ketiganya juga memunculkan popup notifikasi (jika dikehendaki) untuk mengingatkan user berapa lama lagi komputer akan shutdown.

Inilah empat cara mematikan komputer secara otomatis pada distro Linux berbasis Ubuntu. Silahkan tentukan pilihan mana yang cocok bagi anda.

Referensi:
Ubuntugeek.

Iklan