Senayan Slims 5 Meranti Telah Rilis

Tanggal 20 Mei 2012 lalu, aplikasi otomasi perpustakaan Slims telah merilis versi terbaru dengan codename Meranti. Tidak tanggung-tanggung, versi rilis pun loncat dari versi 3.15 langsung ke versi 5! Apakah meniru kernel Linux yang versinya juga loncat dari 2.3x ke 3.x? Hehe.. silahkan tanyakan langsung pada developer Slims :P, yang pasti ada perbedaan yang lumayan jauh dari versi-versi sebelumnya. Pada artikel ini saya belum akan membahas proses instalasi Slims yang lebih ciamik (insya Allah 2 artikel setelah ini), tapi hanya menampilkan dua screenshot saja dari Slims 5 Meranti.

Gambar di atas adalah screenshot pada pengaturan sistem Slims 5 Meranti. Terlihat ada satu tab yang bertumpuk di sebelah kiri. Belum semua modul diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, silahkan arahkan kursor mouse ke salah satu modul header. Template yang disediakan dalam paket download hanya dua, sedangkan bahasa ada delapan dari berbagai negara.

Tampilan OPAC dengan gambar dinamis, salah satunya diambil dari wallpaper Ubuntu :mrgreen. Terlihat modern tapi sayangnya bagi saya malah membuat kepala pusing, disamping itu layar jadi terlihat kecil karena dihabiskan oleh header dan footer yang gedhe. Saya menggunakan browser Firefox 12.0 untuk mencoba Slims 5.

Untuk kecepatan akses modul-modul di localhost, Slims 5 lebih cepat dari versi-versi sebelumnya. Yang penasaran dengan Slims 5 Meranti bisa download di sini, jangan lupa untuk mengoprek agar lebih ciamik lagi ;).

Daftar perubahan dan perbaikan pada SLiMS 5 Meranti bisa dibaca di sini.

Iklan