Bug Saat Install Sabily 11.10 Ultimate dengan DVD?

Kamis 29 Desember 2011 saya mencoba menginstall Sabily 11.10 Ultimate dengan media DVD. Sebelum itu sukses menginstall Sabily dengan USB Flash Disk yang diburn dengan LiveUSB Install (belum saya review). Instalasi dengan DVD ternyata tidak berjalan mulus. MD5SUM file master juga sudah diperiksa dan tidak ditemukan kerusakan, kecepatan burn pun hanya 8x. Saya install di dua komputer dengan tiga DVD berbeda hasilnya tetap sama. Saya menyimpulkan (cmiiw) ada bug di proses instalasi Sabily 11.10 Ultimate.

Begini ceritanya,.. seperti biasa saat instalasi linux, distro akan memindai (scan) hardware dan aplikasi yang akan diinstall. Saat scan Nanny Parental Control, DVD Sabily 11.10 Ultimate tidak berlanjut ke step berikutnya. Setelah menunggu 10 menit tetap tidak berubah, saya restart saja komputer. Selepas restart tidak ada pilihan “Try Sabily 11.10” atau “Install” tapi langsung ke desktop Sabily 11.10.

Kemudian muncul popup pesan error (lupa ambil screenshot) bahwa Nanny Parental Control tidak bisa diinstall. Saya tutup saja pesan tersebut, kemudian melanjutkan untuk install Sabily 11.10.

Instalasi berjalan lancar tanpa error. Semua aplikasi terinstall baik, begitu juga Nanny Parental Control (berarti popup nya bohong :)). Waktu yang dibutuhkan instalasi Ubuntu versi ultimate memang agak lama, kira-kira 45 menit dengan Processor Inter Core 2 Duo dan RAM DDR2 1 GB.

Apakah anda juga mengalami hal yang sama? Silahkan share di sini.. terima kasih.

4 respons untuk ‘Bug Saat Install Sabily 11.10 Ultimate dengan DVD?

  1. Saya sudah coba install Sabily di Pentium 4. Tapi tidak berhasil sama sekali. Apa spesifikasi Sabily 11.10 tidak mendukung hardware rendah? Padahal waktu install Sabily 9 berhasil diinstall. Mohon pencerahannya

    • @Wikarso: Tidak berhasilnya dimana? memang butuh spesifikasi lumayan untuk kenyamanan, minimal RAM 1 GB sedangkan P IV masih bisa digunakan kok. cmiiw

  2. Isa Ali berkata:

    Saya tidak berhasil meng install Sabily 11.10 Ultimate 64 bit, pesan yang keluar persis sama dengan yang sdr alami. Nanny parental control tidak bisa di install. Pertanyaan saya bagai mana caranya menutup pesan tersebut.
    Terim kasih.
    Isa Ali

Komentar ditutup.