Eagle schematic 5.7.0 di Ubuntu 9.10

eagleBeberapa mahasiswa Elektro menggunakan EAGLE (Easily Applicable Graphical Layout Editor) sebagai program menggambar skema maupun PCB. Tentunya mereka menggunakan EAGLE karena rekomendasi dari kampus (baca: asisten), biasanya dikenalkan saat praktikum elektronika atau menggambar teknik. Ada beberapa program serupa yang populer digunakan, antara lain Protel dan OrCad yang berjalan di OS Windows. Protel sudah terlanjur dicap uzur oleh para pengguna. Sedangkan OrCad yang juga menyediakan versi gratis masih banyak digunakan, namun beberapa orang sudah meninggalkannya karena tak punya OS Windows :P.

Pergeseran penggunaan OS Windows ke Linux menyebabkan orang mencari-cari program elektronik apa yang bisa berjalan di OS Windows maupun Linux. Setahu saya baru EAGLE yang menyediakan versi gratis untuk OS Windows maupun Linux. Saya berkesempatan mencoba EAGLE di Ubuntu 9.10 yang saya ambil dari situsnya. File tersebut berekstensi .run sehingga cara menginstallnya juga berbeda. Sebelumnya download EAGLE 5.7.0 (27,74 MB) versi gratis di sini.

Cara Menginstall

  1. Masuk terminal dengan langkah applications- accesories-terminal.
  2. Tulis sudo su, enter kemudian masukkan password. Semua eksekusi di terminal diakhiri dengan enter.
  3. Masuk ke direktori dimana file eagle-lin-5.7.0.run berada. Misalnya berada di unduhan, maka tuliskan cd /home/unduhan.
  4. Kemudian tuliskan sh eagle-lin-5.7.0.run dan ikuti petunjuknya. Pastikan memilih evaluation atau freeware.
  5. Tutup terminal, dan EAGLE sudah berada di Ubuntu 9.10 pada direktori /opt .
  6. Selanjutnya untuk menampilkan di desktop, klik kanan mouse kemudian pilih create laucher. Tuliskan nama program dan browse menuju program eagle diinstall. Biasanya di /opt/eagle-5.7.0/bin . Pilih eagle dan selesai.
  7. Jika saat mengeksekusi eagle pertama kali meminta product license, masukkan saja freeware.key yang berada di /opt/eagle-5.7.0/bin. Saya agak lupa cara mengaktifkannya, hehe.. tapi kira-kira seperti itu.

Mengganti Icon

Mengganti agar icon EAGLE muncul pada desktop cukup dengan klik kanan mouse pada icon di desktop lalu pilih properties. Pada tab basic, klik gambar icon dan gantilah dengan logo gambar EAGLE di direktori /opt/eagle-5.7.0/bin.

Selamat menginstall.

Satu respons untuk “Eagle schematic 5.7.0 di Ubuntu 9.10

Komentar ditutup.