Antivirus untuk Ubuntu

Apakah ada virus di Linux? Sampai saat ini belum menemukan kasusnya di Ubuntu saya. Tak ada jaminan salah satu OS bebas dari virus, namun menurut tulisan dan pengalaman, OS yang paling banyak diserang virus yakni OS Windows. Memang ada virus yang menyerang Linux namun masih sangat sedikit, karena para pembuat virus kurang berminat membobol Linux :). Apalagi biasanya virus dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Meskipun jadul tapi masih banyak penggemarnya, bisa dibuktikan dengan masih beredarnya buku tutorial membuat virus dengan VB di toko buku :).

Antisipasi terhadap virus tetap perlu, untuk Ubuntu pilihan pertama saya jatuh pada Clamav (meskipun tidak digunakan) karena filenya lumayan kecil. Untuk menginstallnya cukup tuliskan di terminal sudo apt-get install clamav clamtk, jika komputer tersambung internet. Clamtk hanya diperlukan jika user ingin muncul tampilan clamav di desktop (mode GUI), namun jika hanya ingin menjalankan clamav lewat terminal maka cukup menginstall clamav thok.


Update database secara default dilakukan otomatis, jika user ingin memaksa update bisa menuliskan sudo freshclam di terminal. Karena secara otomatis install update, maka saya sering tak sadar jika bandwidth internet saya berkurang. Untuk mengatur clamav sesuai kebutuhan edit freshclam.conf di /etc/clamav/freshclam.conf. Sedangkan contoh (konfigurasi) berada di /usr/share/doc/clamav-freshclam/examples. Tapi saya pikir tak perlu menggunakan antivirus di linux.

O iya ada yang terlupa, saat saya install Clamtk dari packages Ubuntu tak mendapatkan versi Clamtk terbaru. Untuk mendapatkan versi terbaru Clamtk langsung ke http://clamtk.sf.net.

Iklan